EMS [Express Mail Service], Cool, Treaceable
PENGANTAR
Rekan-rekan di suluruh Nusantara,
Ada ungkapan dalam bahasa Inggris yang berbunyi "garbage in garbage out", artinya apabila kita memasukkan sampah, maka akan keluar hasil berupa sapah.
Dalam rangkaian proses operasi layanan, apabila inputnya jelek maka akan berpengaruh terhadap hasil yang kurang baik. Proses penerimaan di loket merupakan input bagi keseluruhan proses operasi kiriman pos.
Saat ini, masih banyak dijumpai persoalan kualitas yang bersumber dari kurang baiknya penanganan di loket. Banyaknya kiriman pos internasional berisi barang terlarang. tidak disertai dokumen kepabeanan yang dibutuhkan, berakibat pada terhambatnya proses penyerahan kepada penerima di negara tujuan. Semua bersumberdari penanganan yang kurang baik pada saat penerimaan di loket . Kejadian seperti ini berdampak terhadappersepsi yang buruk terhadap kualitas layanan pos.
Buku ini diterbitkana dengan tujuan untuk memberikan informasi yang dapat menjadi referensi tentang layanan Pos Internasional, dan menjadi pedoman petugas loket dalam menangani kiriman Pos Internasional di loket.
Semoga buku ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai tujuan yang diharapkan
Bandung, Januari 2014
VP Pos Internasional'
M. Said Haryadi
Nippos. 967310787
JENIS LAYANAN POS INTERNASIONAL
> EXPRESS MAIL SERVICE [ EMS ]
Layanan pengiriman dokumen dan barang dengan waktu tempuh kiriman H + 3 sampai dengan H + 5, ke 228 negaraa tujuan [ detil lihat pada lampiran ].
Tingkat berat kiriman yand dapat diterima sampai dengan 100 kg.
Layanan ini telah tersedia di seluruh Kantor Pos dan Agen Pos di Indonesia
Pengiriman dapat melakukan lacak statuskiriman melalui ems.posindonesia.co.od
> EXPRESS MAIL SERVICE [ EMS ] PRIORITY
Layanan pengiriman dokumen dan barang dengan waktu tempuh kiriman H +2 sampai H + 3, ke 45 negara tujuan [ detil lihat pada lampiran].
Tingkat berat kiriman yang dapat diterima sampai dengan 100 kg.
Layanan ini tersedia di hampir semua Kantor Pos dan Agen Pos di Jawa dan Bali.
Tersedia fitur Money Back Guarantee.
Pengiriman dapat melakukan lacak status kiriman melalui ems.posindonesia.co.id
> POS TERCATAT INTERNASIONAL
Layanan pengiriman dokumen dan barang dengan waktu tempuh kiriman H +6 sampai dengan H+10, ke 189 negara tujuan [detil lihat pada lampiran].
Tingkat berat yang dilayani sampai dengan 2 kg .
Layanan ini telah tersedia di seluruh Kantor Pos dan Agen Pos di Indonesia.
Pengiriman dapat melakukan lacak status kiriman melalui ems.posindonesia.co.id
POS UDARA INTERNASIONAL
Layanan pengiriman dokumen dengan waktu tempuhkiriman H+5 sampai dengan H+10, ke 189 negara tujuan.
Tingkat berat yang dilayani sampai dengan 2 kg.
Layanan ini telah tersedia di seluruh Kantor Pos dan Agen Pos di seluruh Indonesia.
Pelunasan pengiriman menggunakan prangko.
Tak disediakan lacak status kiriman .
PAKET CEPAT INTERNASIONAL
Layanan pengiriman barang dengan waktu tempuh kiriman H+6 sampai dengan H+10
Tingkat berat yang dilayani sampai dengan 30 kg ke 189 negaratujuan
Layanan ini telah tersedia di seluruh Kantor Pos dan Agen Pos di seluruh Indonesia
Pengirim dapat melakukan lacak status kiriman.
PAKET BIASA INTERNASIONAL
Layanan pengiriman barat dengan waktu tempuh kiriman H+30 sampai dengan H+90
Tingkat berat yang dilayani sampai dengan 30 kg ke 189 negara tujuan
Layanan ini telah tersedia di seluruh Kantor Pos dan Agen Pos di Indonesia
Pengirim dapat melakukan lacak status kiriman
INTERNATIONLREPLY COUPON [ IRC ]
IRC atau Kupon Balasan Internasioal diterbitkan oleh UPU [Union Postale Universelle]
Dapat ditukarkan dengan prangko yang nilainya setara dengan tarif pengiriman Pos Udara Luar Negeri tingkat berat pertama [ 20 gram] ke tujuan negara asal IRC.
Tanda - tanda pengaman pada IRC :
Tampak depan , terdapat
- Logo UPU
- Tulisan 'UNION POSTALE UNIVERSELLE'
- Singkatan UPU dalam bentuk gambarf air dan dengan huruf berukuran besar
- Kode Negara Asal
- Nama Negara Asal
Tampak belakang terdapat
- Teraan Barcode
- Masa laku IRC tertera pada bagian depan dan belakang IRC